Label

Kamis, 27 September 2012

Belajar Islam, Siapa Takut?!!

BARETI – Meski sore ini (27/09/2012) cuaca agak mendung, namun sekumpulan muslimah tampak khusyu mendengarkan materi yang dipaparkan oleh Teh Ruly. Kajian muslimah yang kali ini mengambil tema “Be Extraordinary Muslimah, Cewek Gak Pinter?! Gak Gaul Ah...” mendapat sambutan positif dari peserta, hal ini dapat dilihat dari antusiasme peserta dalam forum tanya jawab dengan pemateri. Seperti kajian sebelumnya, KAMUS kamis ini juga bertabur doorprize, tercatat tiga orang peserta yang masing-masing telah mendapatkan sebuah kerudung cantik.
Teh Ruly, selaku pemateri menyampaikan urgensi menuntut ilmu serta kiat untuk menghindari forum-forum kajian sesat yang berkedok Islam. Kamus hari ini seakan  menghapuskan ketakutan dan keraguan sebagian peserta yang sebelumnya enggan mempelajari Islam dan ikut berperan aktif di UKM keislaman.
Adapun upaya yang dapat kita lakukan dalam mempelajari Islam yang benar adalah:
1.    Niat ikhlas karena Allah
2.    Niat untuk menghilangkan kebodohan diri dan orang lain
3.    Niat untuk membela syari’at Islam
4.    Bijak dalam menyikapi perbedaan furu’iyyah (hal yang hanya merupakan aspek cabang dalam syariat Islam)
5.    Menghormati para ulama
6.    Mengamalkan Ilmu ( syi’ar dan dakwah)
7.    Mencari kebenaran dan tetap bersabar
Itulah ketujuh point yang berkaitan dengan aktivitas menuntut ilmu seorang muslimah. Dalam mencari kebenaran, muslimah dituntut untuk menggunakan hati nuraninya dalam memfilter ilmu-ilmu Islam yang didapatkan. Selain itu, adanya proses komparasi atau membandingkan antara satu pendapat dengan pendapat lain mengenai suatu permasalahan Islam menjadi suatu upaya penting  dalam rangka pencegahan terhadap arus sesatisme dan konspirasi-konspirasi yang memojokkan Islam. Wallahu’alam.(Sih A.N)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar