Label

Senin, 24 September 2012

RAKA 2 (Rapat Kerja Asyik 2) LDK UKDM UPI

Bismillahirrahmanirrahim..

“ Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghianati Allah dan Rasul dan juga janganlah kamu menghianati amanah yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui” Q.S Al-Anfal 8;27

             “RAKA 2..!! Ukhuwah kuat, UKDM mantap!! Allahu Akbar..!!”
      Pekikkan suara pengurus LDK UKDM UPI periode 2012 di Aula Al-Furqon UPI menggelegarkan seisi ruangan sejak dua hari itu, 22 s.d. 23 September 2012. RAKA 2 adalah singkatan dari Rapar Kerja Asyik 2 yang dilaksanakan oleh pengurus LDK UKDM UPI periode 2012.  RAKA 2 sebagai salah satu rangkaian kegiatan yang sudah disepakati selama satu periode kepengurusan, bertujuan untuk mengevaluasi program kerja selama dua per tiga periode kepengurusan dan memusyawarakhan kembali program kerja yang akan dilaksanakan pasca RAKA 2.
            Rangkaian agenda acara dalam kegiatan ini telah disusun rapi oleh panitia RAKA 2 yang terdiri dari ketua-ketua bidang dari masing-masing departemen dan dipimpin oleh Asep Cahyawan, salah satu kabid dari Departemen Ekonomi dan Keuangan.
             “Mengemas RAKA 2 ini dengan tema ‘Ukhuwah Kuat, UKDM Mantap’ diharapkan setelah RAKA 2 ini UKDM semakin kuat ukhuwahnya dan kinerja UKDM semakin mantap ke visi UKDM yaitu religiusitas, profesionalitas, eksistensi, dan hayawi. Selain itu adanya taujih yang bertujuan untuk menambah pemahaman kita dalam istiqomah di jalan dakwah. Hafalan ayat 27 QS.Al-Anfal pun bertujuan untuk ditafakuri bahwa amanah yang diemban sekarang adalah salah satu bentuk penghambaan kita kepada Allah dan melanjutkan perjuangan Rasulullah dalam istiqomah di jalan dakwah sehingga kita tidak menghianati keduanya. Sedangkan hafalan lagu ‘JEJAK’ bertujuan sebagai suplemen penyemangat dakwah bahwa kita harus bersiap siaga dengan segala keadaan ” Ucap Asep Zakaria menjelaskan konsep acara RAKA 2 ini.
         Hari pertama diawali dengan mendengarkan taujih dari seorang ustadz yang mumpuni, yaitu Ustadz Rahmat Priyodo. “Materi yang disampaikan sesuai dengan tema. Kita diharapkan untuk selalu mengingat Allah dan meluruskan niat dalam segala aktivitas kita, apalagi dalam aktivitas dakwah. Selanjutnya setelah taujih diadakan muhasabah bersama.” Ucap Umdatus  sebagi salah satu penanggung jawab acara pada RAKA 2.
Setelah diberikan amunisi ruhiyah, kegiatan selanjutnya adalah evaluasi yang dipresentasikan oleh ketua departemen yang memberitahukan bagaimana kondisi program kerja selama dua per tiga periode kepengurusan dan juga menjelaskan bagaimana kondisi staf dari departemen masing-masing. Hakim Herlambang (PT 25) membawa nama Departemen Ekonomi dan Keuangan sebagai departemen pertama yang memulai presentasi. Setelah itu dilanjutkan dengan Departemen Multimedia yang dipresentasikan oleh Amri Zikri (PT 26) mewakili ketua departemen, Rismawanti (PT 25). Hari pertama hanya dua departemen yang presentasi.
Pada hari kedua, Departemen Syi’ar membuka presentasi yang dipimpin oleh Nashiratunnisa (PT 25). Selanjutnya Departemen Muslimah dipimpin oleh Tiara Sugiarti (PT 26), Departemen KPSDM dipimpin oleh Lina Mustaqimah (PT 25), Departemen Humas dipimpin oleh Lies Nur Aidanisa (PT 25), BSO BKK yang dipimpin oleh Indra Saepul Alam (PT 25) dan ditutup oleh Sekretaris Umum yang dipimpin oleh Diki Indrawan (PT 25).
Selesai memaparkan hasil kondisi departemen selama pra RAKA 2, tim acara menyiapkan waktu untuk bercengkrama yaitu makan bersama pengurus UKDM. Setelah itu memasuki ba’da ashar dilanjutkan dengan rapat tiap departemen untuk memutuskan program kerja mana saja yang akan dipertahankan atau akan ada penambahan.
Setelah selesai dengan urusan program kerja, diumukan peserta terbaik selama RAKA 2 ini yang jatuh kepada Dede Abdul Fathah (PT 27) mewakili ikhwan, “Sangat luar biasa sekali, kita bisa mengetahui kendala dari tiap departemen yang memang pada intinya itu adalah hambatan kita semua yang harus kita bantu. Hilang rasa suudzon ketika dijelaskan kenapa suatu kegiatan dari departemen lain tidak jalan. Hikmahnya sangat luar biasa sekali, ternyata seorang MC harus bisa membuat acara baru ketika tiba-tiba muncul waktu kosong” luapan Dede Tata yang juga sebagai MC RAKA 2. Dan dipihak akhwat peserta terbaik disematkan kepada Lucyana (PT 26). “RAKA 2 ini jadi pelajaran besar utk UKDM lebih maju, fokus dan jadi lembaga yang menebar kebaikan terus sampai kapanpun.” Pesan ‘Ucy’.
Salah satu momen yang ditunggu-tunggu adalah pengumuman pengurus favorit yang diusungkan oleh pengurus UKDM melalui Ketua Umum, Agus Mulyana (PT 25). Setelah dibacakan nominasi pengurus favorit, terpilih tiga besar nama dari ikhwan dan dari akhwat. Untuk tiga besar nama ikhwan adalah Asep Zakaria, Asep Cahyawan dan Agus Mulyana. Sedangkan dari akhwat ketiga besar nama tersebut adalah Umdatus, Lucyana dan Tiar Sugiarti. Dan pemenang pengurus favorit ikhwan adalah Asep Cahyawan, dan Akhwat adalah Lucyana. “Rasanya gimana ya bingung ngejawabnya, campur aduk rasanya, salah satunya senang bersyukur kpd Allah dapet sesuatu dari PH (Pengurus Harian). Ini kehendak Allah.” Ucap Asep Cahyawan mewakili. 
Seluruh rangkaian kegiatan RAKA 2 ini dirasa sangat bermanfaat dan banyak sekali hikmah yang bisa kita ambil. “RAKA 2 ini berjalan lancar dan sukses. Meskipunn tidak semua pengurus hadir di RAKA 2. Harapannya proker-proker yang sudah direncanakan di RAKA 2 ini bisa dijalankan dengan baik, ukhuwah pengurus bisa lebih erat dan semoga UKDM periode 2012 husnul khotimah. Hikmah yang bisa diambil adalah lebih mengeratkan ukhuwah pengurus.” Pendapat Agus Mulyana selaku Ketua Umum LDK UKDM UPI.

LDK UKDM UPI..!! Karena Islam Milik Kita Semua. Allahu Akbar.!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar